Ketahui Beberapa Tips Perawatan Bayi Untuk Usia 6 Bulan Pertama

Memiliki momongan meerupakan salah satu impian bagi setiap pasangan sehingga tak heran pasangan yang sulit memeliki keturunan akan melakukan berbagai macam cara agar bisa memiliki momongan. Namun anda harus tahu jika merawat bayi itu tak semudah semudah seperti yang anda pikirkan anda memerlukan persiapan khusus agar siap untuk merawat bayi. Hal semacam ini perlu untuk anda lakukan agar bayi dapat tumbuh sehat dan mengalami perkembangan yang optimal. Berikut beberapa tips untuk proses perawatan bayi usia 6 bulan pertama

Menjaga kebersihannya setiap saat

Bayi yang baru saja lahir masih belum perlu untuk dimandikan, anda hanya perlu membersihkan darah dan cairan yang melekat padanya dengan air hangat dan lap basah. Untuk hal ini anda tidak perlu terlalu risau karena pasti akan ada seseorang yang membantu anda dalam membersihkan bayi yang baru lahir. Namun setelah berusia beberapa hari hingga beranjak melewati masa balita anda harus selalu menjaga kebersihannya terutama pada organ genitalnya. Hal ini perlu untuk anda lakukan karena bayi memiliki jenis kulit yang sensitif. Di samping itu kebersihan yang terjaga bisa membuat bayi merasa nyaman sehingga ia tidak akan mudah rewel.

Berikan stimulasi untuk mendukung tumbuh kembangnya

Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati anda juga perlu memberikan stimulasi agar bayi dapat tumbuh dan berkembang secara sempurna. Peran orang tua untuk memberikan dukungan dan stimulasi sangatlah penting karena tanpa ada bantuan orang tua bayi akan mengalami perkembangan yang lambat sehingga pertumbuhannya menjadi kurang optimal.

Jangan pernah biarkan ia menangis terlalu lama

Tips dalam perawatan bayi yang terakhir yaitu sebaiknya anda segera menghibur bayi ketika menangis dan jangan pernah membiarkan ia menangis terlalu lama. Hal ini dapat membahayakan bayi karena menangis terlalu lama atau terlalu keras bisa membuatnya tersedak, sesak napas hingga terserang sindrom kematian mendadak pada bayi. Itu semua dapat terjadi karena bayi usia 6 bulan ke bawah memiliki organ tubuh yang belum terlalu sempurna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*